Di zaman sekarang, media sosial banyak mengambil alih cara kita mempromosikan barang dan jasa. Melalui media yang instan dan sekejap kilat ini, barang dan jasa dipampang hanya lewat layar HP. Dulu, kalau ingin tahu event atau penawaran produk, kita melihatnya di selembaran yang dibagikan orang di jalanan atau ditempel di tembok. Zaman sekarang tentu berbeda, kamu hanya perlu menggeser layar hp dan informasi sudah ada di depan mata. Teknologi membuat segalanya mudah.
Walaupun media sosial berkembang, beberapa media penawaran jasa dan barang tetap digunakan yang berbeda hanya formatnya saja. Dulu kertas yang lumrah digunakan, sekarang kebanyakan berupa digital, namun jenisnya masih sama. Nah, diantara penyedia layanan informasi itu ada yang namanya brosur.
Apa itu Brosur?
Tahukah kamu? Nama brosur dalam bahasa asalnya (Inggris: brochure) diambil dari Bahasa Perancis brocher yang artinya ‘menyulam, menjahit’. Menurut Oxford English Dictionary, bukti paling awal penggunaan kata ini adalah sebuah catatan surat Lord Chesterfield, Philip Dormer Stanhope tahun 1765. Belum diketahui hubungan sulaman dengan kertas, entah apakah pada abad pertengahan kertas-yang nantinya dinamai brosur ini-dihubungkan satu sama lain dengan cara yang hampir sama dengan menyulam. Yang kita ketahui adalah arti brosur pada masa sekarang saja.
Dilansir dari Template.net, brosur diartikan sebagai materi pemasaran yang berisi iklan dan informasi-informasi suatu produk atau jasa. Dalam KBBI V brosur diartikan dengan materi informasi tertulis yang padat tentang suatu perusahaan atau organisasi yang penyajiannya tidak dijilid melainkan dilipat.
Ada juga yang mengatakan brosur adalah sejenis majalah tapi versi kecil. Bentuknya tidak direkat tengah menggunakan stapler atau benang seperti buku umumnya, tapi dibuat menjadi lembaran kertas yang mudah dilipat bolak-balik. Selain mencakup informasi tentang produk atau jasa, brosur juga dapat berisi informasi suatu organisasi. Isinya bervariasi bisa terdiri dari foto, tulisan, tabel, vektor dan logo.
Format Brosur
Kebanyakan brosur hanya terdiri dari satu lembar yang dilipat. Lipatannya bermacam-macam. Ada yang dilipat menjadi dua, tiga, bentuk Z, bentuk 3 panel (mirip gerbang), lipat-gulung, bahkan ada yang dilipat empat seperti akordion. Akan tetapi, ada beberapa hal penting yang menjadi bagian brosur itu sendiri, berikut format brosur yang baik menurut cetakinesia:
- Depan Brosur
Bagian depan dan headline, biasanya memuat bagian muka yang menjadi bagian pertama yang dilirik oleh orang-orang. Bagian ini menjadi elemen yang penting. Bagian ini mesti singkat, ringkas dan dapat menarik perhatian orang-orang dengan sekali pandang. Bagian depan brosur berisi juga nama perusahaan/bisnis atau hal yang akan ditawarkan. Untuk perusahaan atau bisnis yang memiliki logo, logo bisa juga ditaruh di bagian depan. - Pengantar
Pengantar, isinya berupa teks pengenalan singkat perusahaan atau tempat bisnis, jasa tentu dengan didukung oleh gambar yang menarik perhatian pembaca. Biasanya ditandia dengan ‘About Us’ atau ‘Tentang Kami’. - Isi brosur
Pada bagian ini barulah kamu cantumkan detail perusahaan atau bisnis. Cakupan bisnis yang ditawarkan, layanan dan jasa yang tersedia, kelebihan dan keuntungan bisnis dan testimoni serta jargon bisnis. Bagian ini bisa disebut branding element, walaupun secara keseluruhan brosur adalah untuk mem-branding produk tapi inti penawaran jasa dan produk ada di bagian ini. Visual yang menarik ditampilkan sepanjang lembaran brosur sebagai pendukung visual dan penarik perhatian pembaca. - Bagian belakang (Back Cover)
Di bagian ini terdapat kontak narahubung perusahaan baik nomor telepon, email atau situs web yang bisa dikunjungi dan terkadang peta lokasi. Di bagian ini juga dicantumkan ajakan untuk menggunakan jasa atau membeli produk tentu dengan kata-kata yang persuasif dan menarik.
Kegunaan dan Fungsi Brosur
Dikutif dari Template.net, disebutkan ada dua kegunaan brosur yaitu sebagai alat marketing dan media penyebaran informasi. Isi brosur yang informatif dan menarik secara visual membuat orang-orang secara tepat mengetahui produk yang ditawarkan kepada mereka.
Promosi melalui brosur menyediakan cara singkat kepada orang-orang untuk mengetahui bisnis yang kamu miliki. Brosur sebagai media informasi menyediakan detail perusahaan. Bentuknya tidak memakan tempat dan dapat disebarkan secara efektif saat pertemuan dan acara-acara tertentu.
Kamu mau promosi bisnismu dengan singkat tapi langsung mengena? Kamu bisa mencobanya melalui brosur. Nah, Cetakinesia adalah perusahaan yang bisa jadi rekomendasi buat kamu. Dengan tiga motonya satisfying, wearable dan genuine, Cetakinesia berusaha dengan penuh semangat dan amanah untuk mewujudkan brosur terbaik untuk membantu memajukan bisnis kamu. Yuk cetak brosur hanya di cetakinesia.id
Editor : Dodi Insan Kamil