Kita sudah mengenal apa itu brosur dan flyer di tulisan-tulisan sebelumnya lengkap dengan komponen isi dan bahkan asal usul penamaannya.
Sebagai alat promosi kira-kira apa yang membedakan keduanya? Tentu flyer dan brosur tak mungkin dinamai dengan nama yang berbeda kalau tidak mempunyai pembeda. Mari kita bahas perbedaannya.
Pengertian Brosur dan Flyer
Brosur merupakan media marketing dalam bisnis yang memuat iklan produk atau jasa, detail perusahaan, organisasi dan agensi. Informasi yang disajikan dalam brosur cenderung lengkap dan detail.
Flyer juga adalah media marketing dan iklan produk dan jasa. Satu hal yang membedakan brosur dan flyer yaitu flyer biasanya digunakan dalam acara-acara.
Perbedaan Brosur dan Flyer
Perbedaan brosur dan flyer terletak pada beberapa aspek, diantaranya aspek tampilan, fungsi, tujuan, target pasar dan yang lainnya. Berikut penjelasan mengenai perbedaan brosur dan flyer dari sudut berbagai aspek.
Tampilan Brosur dan Flyer
Walaupun keduanya dicetak dalam satu lembar kertas, namun keduanya memiliki perbedaan dalam hal penyajian. Brosur lebih bervariasi daripada flyer dari segi lipatannya. Ada brosur yang dilipat menyerupai gerbang namanya gate fold brochure. Brosur yang dilipat dua namanya bi-fold brochure. Ada juga yang dilipat tiga yaitu tri-fold brochure dan ada juga brosur yang dilipat menyerupai huruf Z sehingga dinamai z-fold brochure.
Tidak seperti brosur, flyer hanya dicetak dalam satu lembar bisa dicetak bolak-balik atau hanya bagian muka saja. Beda halnya kalau keduanya dibuat secara digital. Flyer hanya terdiri dari satu halaman sedangkan lipatan dalam brosur tadi akan menjadi sheet tambahan menggantikan lipatan dalam bentuk cetaknya.
Segi Fungsi
Keduanya berfungsi sebagai alat promosi namun flyer memiliki fungsi yang tidak dimiliki oleh brosur. Flyer sering digunakan sebagai sarana praktis untuk mengingatkan konsumen terkait acara yang akan digelar.
Kamu sering menemui flyer dengan disertai broadcast di aplikasi chat atau media sosial bukan? Flyer itu dikirim berdekatan dengan tanggal acara diadakan bahkan ada yang dikirimkan per-hari hingga hari-h tiba.
Segi Tujuan
Tujuan utama brosur dicetak adalah untuk menyediakan informasi lengkap dan menarik dalam sekali lihat. Selain itu, target distribusi brosur pun adalah untuk pelanggan yang berpotensi/potensial akan tertarik dengan penawaran produk dan jasa.
Sedangkan flyer disebarkan secara menyeluruh tanpa dikhususkan kepada pelanggan tertentu yang berpotensi.
Segi Kelebihan
Brosur dan Flyer memiliki tampilan yang menarik hanya saja brosur mendapat kesan lebih professional dan elegan. Informasi yang tersedia pun lebih lengkap dan rinci.
Selain itu brosur cepat menarik perhatian klien target dan mudah dipahami karena ditulis dengan bahasa yang jelas.
Di sisi lain flyer pun memiliki beberapa kelebihan diantaranya harga produksinya terjangkau sehingga cocok bagi pebisnis dengan budget yang terbatas. Keefektifan iklan lewat flyer juga dapat mudah diukur yaitu dengan menghitung jumlah orang yang menanggapi selebaran yang kamu bagikan.
Flyer juga sangat fleksibel dan bisa menjangkau lebih luas. Kamu bisa membagikan langsung, mempostingnya atau menyelipkannya di email yang kamu kirim. Sama dengan brosur, flyer memiliki tampilan enak dipandang mata dan menarik. Penyampaian informasi dalam flyer cepat, langsung dan mudah disebarkan.
Segi Kekurangan
Kelebihan brosur dalam menarik pelanggan potensial diimbangi dengan biaya percetakan brosur yang relatif lebih tinggi daripada media marketing yang lain. Akan tetapi, brosur terbilang terjangkau jika dibandingkan dengan promosi iklan melalui TV atau koran.
Selain itu kekurangan brosur terletak pada penggunaan kertas. Apabila kamu bertujuan mengiklankan produk atau jasamu dengan cepat dan masal agaknya brosur bukan alat promosi yang cocok.
Sama halnya dengan brosur, flyer memiliki kekurangan yaitu masa pakai yang cenderung pendek dan kurang dapat memberikan efek jangka panjang bagi pelanggan. Terlebih flyer iklan acara tertentu yang akan segera kedaluwarsa ketika acara telah selesai. Target pemasaran flyer yang menjangkau semua orang menjadikan pemasarannya kurang fokus.
Segi Target pasar
Brosur memiliki target pasar yang lebih pasti dan fokus daripada flyer. Flyer lebih cenderung menyebarkan iklan sepada masyarakat luas secara cepat dan langsung.
Nah itulah perbedaan singkat brosur dam flyer dari berbagai sisi, keduanya merupakan media marketing yang efektif, cuman mesti digunakan pada porsinya agar kefektifan itu berubah menjadi keuntungan.
kamu lagi nyari pencetakan buat nyetak brosur dan flyer? Cetakinesia siap membantu kamu untuk membuat brosur dan flyer yang dapat menghasilkan lebih banyak closing, yuk order sekarang!
Editor : Dodi Insan Kamil